Trip Sehari ke Tanjung Bira – Sulawesi Selatan

Triphology (travel blogger) – Ada yang tahu Tanjung Bira ? Yang selalu kita ingat dari Sulawesi Selatan adalah Kota Makassar dan kulinernya, mulai dari konro bakar karebosi, pisang epek, pisang ijo atau coto makassar yang punya cita rasa khas. Tidak banyak yang tahu kalau di Sebelah timur kota makassar atau tepatnya di kabupaten Bulukumba ada sebuah pantai yang sayang untuk dilewatkan sebagai destinasi pilihan, apalagi kalau bukan Pantai Tanjung Bira.

Pantai Losari

Perjalanan ke Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira dapat ditempuh selama 4-5 jam perjalanan darat dari kota Makassar dengan menggunakan kendaraan pribadi. Bila dengan angkutan umum dapat dicapai dengan bus atau mini bus dari terminal Mallengkeri di selatan kota Makassar dengan waktu tempuh yang tentu saja jauh lebih lama. Menggunakan kendaraan pribadi menjadi opsi paling direkomendasikan. Selain menghemat waktu, kita juga bisa singgah di beberapa spot menarik sepanjang perjalanan.

3 Warna Tanjung Bira – Putih, Tosca dan Biru

Jangan khawatir akan lamanya perjalanan, karena itu semua akan terbayar dengan nuansa dan keindahan alam Sulawesi Selatan. Setelah 2 jam perjalanan, Kita akan melewati jalan tepi pantai yang biru dengan anginnya yang menyegarkan. Sesampainya di area Pantai Tanjung Bira, lelah dan letih dalam perjalanan benar – benar tuntas terbayar dengan keindahan pantai yang eksotis. Lautnya yang jernih dan pasirnya yang putih lembut tidak akan ditemui di pantai manapun. Yaaa.. lembut.. benar – benar lembut,, begitu lembutnya seperti tepung, sampai – sampai tidak ada pasir yang menempel di kaki kita.

Melompat Lebih Tinggi

Surga dunia bernama Tanjung Bira

Tidak banyak lahan parkir yang dekat dengan pantai, kalaupun ada itupun parkir di tepi jalan. Di area menuju pantai ada anjungan tempat turis dan wisatawan berfoto dengan latar belakang laut.  Disisi anjungan ada tangga untuk akses ke pantai. Di sepanjang sisi pantai ada puluhan warung – warung makan sederhana berderet menanti pembeli. Menunya pun tidak terlalu banyak pilihan, mie instant, makanan ringan atau sekedar minuman dingin. Trust me,, jika datang ke Tanjung Bira di musim panas saat matahari benar – benar terik, panasnya sangat luar biasa.

Pantai dan Deretan Warung

Seperti halnya kawasan wisata ditempat lain, Pantai Tanjung Bira juga dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti Hotel, restoran, penginapan baik villa maupun bungalow bagi wisatawan yang akan menginap. Untuk yang ingin aktivitas olah raga air ada tempat persewaan perlengkapan selam dan snorkling. Bila sekedar berenang di Pantai atau main banana boat, pengunjung juga disediakan kamar mandi umum dan air tawar untuk membilas. Untuk yang sekedar jalan – jalan berkeliling area pantai, pengunjung bisa menyewa motor atau kalau masih belum puas menikmati eksotisme Tanjung Bira bisa melanjutkan destinasi Selam ke Pulau Selayar dengan menggunakan kapal ferry.

Anjungan Foto

Berbicara kuliner daerah pantai dan laut maka tidak jauh dengan yang namanya seafood, beragam resto dan kedai menawarkan seafood dengan bumbu khas Sulawesi Selatan dengan rasa pedas dan asam yang menggugah selera, harus dicoba,,, harga yang ditawarkan pun beragam dan banyak pilihan.

So, tertarik untuk menjadikan Tanjung Bira untuk jadi destinasi liburan selanjutnya ??

 

 

Leave a reply