Menikmati Danau Toba dan Pulau Samosir

Triphology (travel blogger) – Ada idiom kalau belum ke Danau Toba belum ke Medan,  mungkin karena Danau Toba sudah sekian lama jadi ciri khas Medan (Sumatera Utara). Meski awalnya agak aneh karena Danau Toba jauh dari Medan, butuh 5 jam perjalanan untuk tiba di lokasi. Dikutip dari halaman wikipedia Danau Toba merupakan sebuah danau alam besar tekto-vulkanik yang menempati kaldera dari sebuah supervulcan. Danau ini memiliki ukuran panjang sekitar 100 Km, lebar sekitar 30 Km dan kedalaman hingga 505 meter (1.666 kaki), terletak di Provinsi Sumatera Utara. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah Danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

Keindahan Danau Toba dan Samosir

Transportasi ke Danau Toba

Destinasi Saya kali ini one day trip menikmati Danau Toba (sekedar biar bisa dibilang sudah pernah ke Medan). Kebetulan ada teman yang sedang bekerja di Kisaran dan Saya sedang berada di Medan untuk suatu urusan, Kami pun sepakat untuk berangkat bersama ke Danau Toba di akhir pekan. Untuk perjalanan kali ini Kami memilih angkutan umum sebagai sarana menuju lokasi.

Berangkat dari starting point di daerah Simpang Limun Medan pukul 6 pagi, Kami pun berangkat ke Terminal Amplas dengan menggunakan angkutan kota. Angkutan kota di Medan sama dengan angkutan kota pada umumnya, berbentuk mini bus dengan kapasitas 10 orang penumpang. Setelah menembus kemacetan Kami tiba di terminal Amplas. Dari terminal Amplas Kami lanjutkan perjalanan dengan menaiki bus jurusan Medan – Parapat. Banyak pilihan bus menuju parapat yang bisa Kita pilih dengan ongkos sekitar 40 – 50 ribu rupiah. Jarak 175 Km pun Kami tempuh selama kurang lebih 5 Jam. Sepanjang perjalanan Kami disuguhi pemandangan kota hingga perkebunan kelapa sawit. Kami melewati Lubuk Pakam, Perbaungan, Tebing Tinggi, Pematang Siantar dan berakhir di Parapat. Sampai parapat Kami turun di simpang parapat biar dapat langsung ke penyebrangan Ferry untuk menuju ke Tomok di Pulau Samosir.

Source : google / Gambar Bus Sejahtera yang Kami naiki

Ini Danau Toba bukan Laut Toba

Hijau dan Segerrrr

Foto Spot Di Danau Toba

Danau Toba dan Samosir

Turun dari Bus disambut dengan luasnya danau dan kokohnya pulau samosir yang membentang ditengahnya. Udara pegunungan yang segar dengan angin yang kencang benar – benar menghilangkan penat dan lelah setelah perjalanan yang panjang. Keindahan Danau Toba memang benar – benar luar biasa. Kami pun beristirahat untuk shalat dan makan siang. Tidak berapa lama Kami berangkat menuju Tomok dengan Ferry yang tersedia, sempat agak menunggu lama untuk berangkat karena sepertinya Ferry baru berangkat setelah penumpang agak penuh. Kapal Ferry ke Tomok ini berbentuk perahu kayu dengan double deck yang cukup tinggi, di depan ada stage untuk penyanyi yang menghibur penumpang Ferry dengan lagu-lagu khas batak. Sambil menunggu Ferry berangkat kita juga bisa melempar koin ke danau dan dengan sigap anak – anak Danau Toba akan melompat berenang ke Danau untuk berlomba berebutan mendapatkan uang koin yang dilemparkan pengunjung (gak tega sih sebenarnya, kalau mau kasih sih kasih aja).

Pelabuhan Parapat

Ferry Ke Samosir

Suasana Dalam Ferry

Smile

Kapalpun berlayar mengarungi Danau. Di perjalanan sang nakhoda kapal membawa Kami melintasi suatu titik untuk melihat “batu gantung”. Batu Gantung merupakan sebuah batu panjang yang terlihat menggantung di sebuah tebing. Ada cerita rakyat masyarakat parapat yang menyertai keberadaan batu gantung tersebut. Setelah 45 menit perjalanan Kami pun tiba di pelabuhan Tomok, Pulau Samosir.  Mulai keluar dari pelabuhan Kami sudah disajikan deretan penjual oleh-oleh dan souvenir khas danau toba.

Batu Gantung

Pelabuhan Tomok

Tugu di Pelabuhan Tomok

Aktivitas di Tomok

Di Tomok Kita bisa melihat rumah – rumah adat khas batak dan tentu saja yang terkenal adalah patung boneka sigale – gale. Konon katanya patung boneka sigale – gale bisa menangis dan menari dengan sendirinya. Setelah berjalan melewati pedagang souvenir Kami pun menyempatkan diri ke Patung Sigale – gale. Disekitaran patung juga terdapat beberapa batu mirip seperti menhir (meja batu) purba. Sebenarnya masih banyak spot wisata menarik yang bisa di jelajahi di pulau Samosir. Untuk yang punya rencana trip ke Danau Toba, Kami sarankan untuk menginap 2 – 3 hari untuk mendapatkan seluruh capture menarik dari keindahaan alam dan budaya di Danau Toba.

Rumah Adat Batak

Patung Boneka Si Gale Gale

Obyek menarik di pulau Samosir yang menarik dikunjungi antara lain :

1. Si gale – gale
  2. Batak Museum
  3. Pantai Pasir Putih Parbaba
  4. Kuburan raja sidabutar
  5. Air Terjun Efrata
  6. Bukit Holbung
  7. Menara pandag tele

Selain tempat diatas, masih banyak lagi tempat menarik yang dikunjungi dan sayang untuk dilewatkan. Panorama sunset dan sunrise di Danau Toba juga menjadi pemandangan yang paling ditunggu para wisatawan.

Ketinggalan Bus Ke Medan

Setelah puas berkeliling tomok Kami pun segera kembali ke pelabuhan dan naik ferry untuk kembali ke parapat dan kota Medan. Kami tidak menginap di Danau Toba karena dari awal memang niatnya one day trip. Tiba di Parapat, sesuai rencana seharusnya Kami naik bus ke Medan, tapi ternyata kesorean dan sudah tidak ada lagi Bus menuju Medan.  Kami pun mulai kebingungan harus gimana, soalnya satu orang teman Kami harus segera kembali ke Kisaran. Kami pun memutuskan untuk naik angkutan mini bus ke Pematang Siantar dengan harapan bisa memperoleh bus ke Medan dari Pematang Siantar. Angkutan yang kami gunakan mirip seperti colt atau L300 dengan kapasitas normal 10 orang yang bisa disesaki hingga 15 orang.

Tiba di Pematang Siantar ternyata sudah malam dan bus ke Medan pun gagal Kami dapatkan. Karena harus bermalam, Kami pun menginap di rumah saudara salah satu teman di Pematang Siantar dan akan melanjutkan perjalanan ke Medan keesokan harinya. Meski banyak planning yang agak berantakan, kunjungan ke Toba kali ini cukup menyenangkan, hehehe paling tidak sudah membuktikan Kalau sudah pernah ke Medan… Ini Medan bung…!!