Damainya Pantai Matras Kepulauan Bangka Belitung

Triphology (travel blogger) – Bangka Belitung mulai dikenal semenjak novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata meledak di pasaran. Terlebih setelah dijadikan Film, popularitas pulau bangka meningkat pesat. Pulau Bangka dan Belitung dahulu bahkan hingga saat ini masih dikenal sebagai daerah penghasil timah. Konon katanya pernah menjadi penghasil timah terbesar di dunia. Industri timah sendiri sudah dikelola sejak jaman kolonial Belanda. Hampir sebagian besar masyarakat Bangka Belitung pada saat itu menggantungkan hidupnya pada sektor pertambangan Timah. Film Laskar Pelangi menampilkan keindahan pantai di Belitung. Hampir sama seperti Belitung, Pulau Bangka tidak ketinggalan memiliki deretan pantai tenang nan indah yang dapat dijadikan destinasi menarik untuk berlibur. 

Pasir Putih yang Landai

Beberapa pantai sangat mudah diakses dari Kota Pangkal Pinang, salah satu diantaranya adalah Pantai Matras. Ini kunjungan kedua kali Saya ke Pantai Matras. Pantai ini sangat mirip dengan Pantai Tanjung Tinggi di Belitung. Memiki bebatuan besar di beberapa sudutnya. Pantai Matras terletak di desa Sinar Baru, Kecamatan Sungai Liat atau sekitar 40 Km dari kota Pangkal Pinang. Pantainya yang landai dengan pasir putih halus dan ombaknya yang tenang membawa kesan segar dan damai. Panjang pantai yang mencapai hampir 3 Km membuat pantai ini menarik untuk dikunjungi. 

 

Aktivitas dan Akses Menuju Pantai Matras

Sekitar jam 9 pagi Saya sudah berangkat dari Hotel dengan menggunakan kendaran pribadi. Untuk menuju pantai Matras kita bisa menyewa mobil rental dari bandara Depati Amir atau menyewa dari pihak hotel. Kalau mau lebih irit bisa menggunakan angkutan kota sejenis colt dari pangkal pinang. Waktu tempuh yang dibutuhkan dari hotel menuju ke lokasi sekitar 1 jam. Kondisi jalan disepanjang perjalanan sangat mulus melewati kontur jalan yang naik turun. Kondisi jalan seperti ini sebenarnya paling enak bila touring menggunakan motor, lebih dapat sensasinya. 

Laut yang tenang dan damai

Setelah 1 jam perjalanan Saya tiba di lokasi.  Perasaan free tanpa beban langsung terasa takkala melihat hamparan pasir putih dan laut yang begitu luas. Pohon kelapa yang melambai, laut yang jernih, sungai alami dengan delta di hilir sungainya, benar – benar masterpiece Tuhan yang luar  biasa. Seperti yang Saya sebutkan sebelumnya, Pantai Matras ini mirip dengan Pantai Tanjung Tinggi di Belitung. Pantai ini memiliki batuan granit besar yang khas. Batuan ini terletak di sisi selatan pantai. Disini kita bisa berenang di kolam – kolam yang seolah tercipta dari tebing bebatuan di sisi-sisinya. Untuk masuk ke Pantai Matras tiketnya sangat murah, tidak perlu merogoh kocek dalam untuk bisa menikmati keindahan pantai yang mempesona ini.

abaikan subjeknya..lihat latar belakangnya 🙂

Pantai matras sangat tenang, ombaknya tidak terlalu besar, bahkan cenderung seperti tidak ada ombak. Kalau pas kesini tidak terlalu ramai, pantai ini sudah seperti pantai pribadi. Saya pun ga ketinggalan untuk menikmati sensasi berenang di pantai matras. Benar – benar menyegarkan meski panas matahari cukup menyengat. Selesai berenang Saya bermain – main di pantai sambil mengumpulkan kerang – kerang dan batu karang untuk dibawa pulang dan ditaruh di aquarium. 

Batuan Granit Khas Pulau Bangka

Kuliner di Pantai Matras

Untuk urusan kuliner tidak perlu khawatir, banyak restoran dan warung yang menjual makanan disini. Kalau ada kesempatan  malam hari di sini,  harus coba untuk menikmati Ikan Tenggiri Bakar segar dengan sambal kecap atau belacan.  Bangka memang terkenal dengan seafoodnya, banyak industri olahan seafood yang berdiri disini. Biasanya hasil olahan di ekspor ke manca negara. 

Saya tidak pernah menginap di pantai Matras. Tapi kalau Kita mau menginap disini, deretan hotel dan resort sudah banyak tersedia. mulai dari yang murah hingga yang berbintang empat seperti Parai Beach Resort yang memiliki fasilitas restoran, bar and grill, kafe, kolam renang dan fitness center. 

sumber : traveloka

Puas menikmati pantai dan makan siang, Saya pun kembali ke Pangkal Pinang. oh ya.. disini juga tersedia pedagang oleh-oleh. Kita dapat membeli  souvenir dan camilan khas bangka, seperti : Kemplang, kerupuk, keretek, terasi dan sebagainya. Untuk harga yaa namanya tempat wisata agak kompetitif yaa… 

Buat yang suka pantai atau pantai mania,, Pantai Matras harus dimasukkan dalam list pantai yang wajib kamu kunjungi. 

 

Leave a reply