Cara Mengurus Bebas Visa Jepang (Visa Waiver)

Bagaimana mengurus Bebas Visa Jepang ??

Terhitung per 1 Desember 2014, warga negara Indonesia (WNI) yang memiliki e-paspor atau paspor elektronik bisa memasuki Jepang tanpa visa alias bebas visa, tapi ini bukan seperti bebas visa selayaknya ke Malaysia, Singapura atau negara ASEAN lainya. Jika di ASEAN bisa langsung bepergian ke negara – negara tersebut tanpa harus mengurus proses di Indonesia. Untuk ke Jepang ada hal administrasi yang harus di proses di Indonesia, yaitu pengajuan bebas visa jepang atau visa waiver. Bebas Visa Jepang ini berlaku selama 3 tahun, jadi cukup mengurus sekali untuk 3 tahun kedepan. 

lalu bagaimana cara mengurus proses bebas visa Jepang ? berikut beberapa informasi yang dapat membantu Anda mengurus pendaftaran Visa Waiver di kedutaan besar Jepang di Jakarta :

Syarat dan Informasi umum :

  1. Tujuan perjalanan hanya untuk kunjungan singkat.
  2. Durasi masa tinggal maksimal 15 hari
  3. Visa berlaku 3 tahun atau mana yang lebih dulu habis antara visa dan paspor.
  4. Biaya gratis
  5. Lama pembuatan 2 hari kerja.
  6. Dokumen
  7. Pastikan paspor yang Anda miliki sudah dalam bentuk e-Paspor, tandanya apa ? biasanya ada logo chip di bagian bawah paspor. Jika belum e-paspor berarti Anda harus urus visa seperti biasa alias tidak bisa bebas visa.paspor
  8. Download formulir pengajuan visa waiver yang ada di situs Japan Embassy, atau bisa di download disini.
  9. Isi formulir dengan lengkap.
  10. Pada saat pendaftaran pastikan membawa Paspor + Formulir pendaftaran, bila mengurus juga visa kunjungan untuk anak, maka harus turut serta membawa Fotocopy Kartu Keluarga dan Kartu Keluarga Aslinya.

Proses Pendaftaran

  1. Pendaftaran bebas visa / visa waiver bisa dilakukan di kedutaan/konsulat Jepang yang ada di Indonesia. Untuk Jakarta, terletak di Jl. MH. Thamrin, persis setelah The Plaza (Bundaran HI).
  2. Untuk waktu pendaftaraan dibuka Pkl. 08.30 WIB sd PKl. 12.00 WIB.
  3. Di Kedubes Jepang tidak ada tempat parkir kendaraan, jadi harus parkir di gedung sekitar kedubes Jepang, diantaranya plaza Indonesia, Grand Hyatt, The Plaza dan lain – lain. Anda bisa memilih parkir di The Plaza karena secara akses lebih dekat dan kondisi tempat parkir juga cukup nyaman, setelah itu dilanjutkan dengan berJalan kaki ke Kedubes Jepang.
  4. Sampai di gerbang masuk, sampaikan ke petugas bahwa Anda akan mengurus pendataran visa, barang bawaan Anda akan diperiksa, jangan lupa untuk segera mempersiapkan tanda pengenal (KTP).
  5. Masuk kedalam pintu dan di sisi kanan ada loket, tukarkan KTP Anda dengan Tanda Pengenal Tamu, setelah itu masuk ke pintu sebelah kanan untuk pemeriksaan lewat X-Ray dan metal detector.
  6. Masukkan semua barang bawaan Anda ke dalam conveyor X-Ray dan Anda harus melewati metal detector, body check akan dilakukan oleh petugas pengamanan bilamana diperlukan.
  7. Keluar dari pintu pemeriksaan Anda akan bertemu dengan pintu kaca, masuk kedalam  kemudian langsung belok kanan dan akan ada pintu kaca kembali.
  8. Masuk ke dalam ruangan, ambil nomor antrian di mesin antrian, biasanya ada satpam yang akan membantu mengarahkan.
  9. Ambil formulir kecil berwarna kuning yang harus Anda isi ; antara lain dengan nama dan nomor paspor, selipkan formulir kecil dan formulir visa waiver kedalam paspor.
  10. Tunggu antrian dipanggil, setelah dipanggil serahkan semua dokumen dan sebagai gantinya Anda akan diberikan bukti tanda terima paspor berwarna kuning. Simpan jangan sampai hilang karena akan dipergunakan untuk mengambil kembali paspor. Di tanda terima juga akan ada informasi tanggal berapa dan jam berapa Anda harus kembali lagi untuk mengambil paspor.
  11. Tahapan awal selesai.

Pengambilan Visa dan Paspor

  1. Datang kembali ke kedubes Jepang pada tanggal dan jam yang ditentukan, biasanya antara Pkl. 13.30 sd Pkl. 15.00 WIB.
  2. Masuk kedubes dengan proses yang sama seperti diatas.
  3. Tiba diruangan langsung ambil kembali nomor antrian.
  4. Setelah dipanggil, serahkan formulir tanda terima paspor yang sebelumnya diberikan lalu kemudian petugas akan mencari paspor Anda.
  5. Setelah itu petugas akan menunjukan halaman stiker visa yang sudah di tempel di paspor dan memberikan paspor.
  6. Periksa kembali kelengkapan paspor dan visa Anda.
  7. Selesai.

Perlu diingat juga bahwa Visa Waiver merupakan rekomendasi yang diberikan kepada warga negara asing untuk dapat masuk ke negara Jepang dan bukan berarti izin mutlak atau jaminan untuk dapat masuk ke negara Jepang. Keputusan terakhir untuk dapat masuk atau tidak ke negara Jepang akan diberikan oleh pihak imigrasi Jepang pada saat mendarat di Jepang.

Semoga bermanfaat ?

Leave a reply