Candi Arjuna dan Dieng Plateu Theater

Triphology (travel blogger) – Destinasi yang pertama Kami kunjungi setelah pamit dari penginapan adalah kawasan situs Candi Arjuna. Candi arjuna merupakan salah satu candi di komplek percandian arjuna. Selain Candi Arjuna ada juga Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra. Kompleks ini merupakan peninggalan Hindu sekitar abad ke 9 masehi. Biasanya Dieng Culture Festival di adakan disini.

Kawasan Candi Arjuna

 

Kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara…

Candi Arjuna

Kami sampai di Candi arjuna sekitar jam 11 siang. Setelah puas keliling area candi dan ambil beberapa foto, Kami singgah di warung – warung makan yang ada di pintu masuk kawasan dekat tempat parkir. Warungnya banyak dan dagangannya hampir sama, jadi bebas mau kemana aja, menunya pasti sama. Selain makanan disini juga dijual oleh – oleh khas dieng. Mulai dari Carica, aneka snack sampai yang pamungkas bubuk purwaceng dan olahan lain dari Purwaceng. Bagi yang belum tau, Purwaceng adalah tanaman yang banyak tumbuh di dataran tinggi dieng. Jika di korea punya ginseng makan Indonesia punya purwaceng. Konon katanya purwaceng adalah minuman raja – raja jawa kuno, dipercaya dapat meningkatkan stamina laki – laki dan mengembalikan stamina tubuh setelah bekerja berat.

hmmm lagi cari apa mas diwarung ??

Dari Candi Arjuna Kami lanjut ke Dieng Plateu Theater, di perjalanan ke Dieng Plateu Theater kami melewati obyek wisata  yang juga ramai pengunjung namanya Telaga Warna. Karena sangat ramai pengunjung Kami pun memutuskan untuk ga masuk kedalam, hanya lewat di depannya saja (yang penting eksis) dan ga berapa lama kami pun tiba di Dieng Plateu Thater.

Pintu Masuk Telaga Warna

Dieng Plateu Theater

Dieng Plateu theater adalah salah satu spot wisata yang ada Dieng. Didalamnya ada tempat makan, outbound, flying fox dan yang paling utama adalah bangunan theater (bioskop kecil) yang menayangkan film documenter tentang Dieng Plateu mulai dari pembentukan, sejarah, budaya dan lain sebagainya.

welcom to Dieng Plateu Theater

Waktu sudah semakin sore, Kami harus segera kembali ke Jogja. Masih ada 4 Jam perjalanan yang harus Kami tempuh. Alhamdulillah, sejak terakhir kali mogok, motor masih okay untuk diajak wara wiri. Sepanjang perjalanan pulang Kami baru disuguhi pemandangan yang semalam Kami lewati dalam kegelapan. kanan kiri jurang dan gunung, upss.. untung semalam gak kenapa-napa yaa…  siang hari pemandangan jauh lebih bagus. Kami berhenti di beberapa titik foto, salah satunya adalah gerbang besar menuju ke kawasan dieng.. kayaknya kalau belum foto disini belum Afdhol.

Jalan Raya Dieng

 

Gerbang Kawasan Dieng

Setelah 4 Jam perjalanan, Kami akhirnya tiba kembali di Jogja, huuu laporan pekerjaan sudah menunggu, tapi tidak apa, secangkir kopi dan bubuk purwaceng siap menemani begadang malam. Dataran Tinggi Dieng.. Kawasan eksotis dengan keragaman budaya, adat dan istiadatnya… hmmm sampai jumpa lagi Dieng!!

Leave a reply